Perilaku Pengguna Fitur Close Friend Media Sosial Instagram Di Kota Bandung

Muhammad Ilham Alfian Fiharsa, 182050060 (2022) Perilaku Pengguna Fitur Close Friend Media Sosial Instagram Di Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perilaku Pengguna Fitur Close Friend Media Sosial Instagram di Kota Bandung” dengan sub judul studi Dramaturgi Perilaku Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Pengguna Fitur Close Friend Media Sosial Instagram di Kota Bandung. Dimana subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang sebagai informan inti dan ibu Rahmi Aini M.Psi yang merupakan salah satu dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan Bandung sebagai informan ahli. Tujuan dari disusunnya skripsi ini adalah untuk mengidentifikasi perilaku dan karakter mahasiswa saat ini khususnya di kehidupann bersosial media di Instagram. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana panggung depan (front stage), panggung belakang (back stage) dan manajemen kesan (impression management) mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kota Bandung yang aktif menggunakan fitur Close Friend media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Dramaturgi yang diperkenalkan oleh Erving Goffman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa tahapan proses data yaitu studi literatur dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara mendalam, observasi, analisis, dokumentasi dan triangulasi data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media sosial Instagram menjadi panggung sandiwara bagi penggunanya. Hal ini dilakukan oleh mahasiwa perguruan tinggi swasta di Kota Bandung untuk menciptakan, menampilkan dan pendapatkan kesan yang sesuai dengan minat dan tujuannya melalui berbagai aktivitasnya di Instagram. Lebih lanjut, manajemen kesan yang dilakukan mahasiswa yang ditunjukan melalui aktivitasnya di Instagram berupa foto dan video singkat antara lain kegiatan keseharian dan produktivitas bersama rekan kerja, teman-teman dan keluarga dengan menampilkan sisi terbaik dan positif dari setiap mahasiswa di panggung depannya. Di panggung belakang mahasiswa bisa lebih menampilkan sisi diri sendiri dan tampil apa adanya. Saran yang ingin disampaikan peneliti terkait dengan penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana mengekspresikan diri, peneliti menyarankan agar lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial dan akan lebih bijaksana dalam menggunakan dan memanfaatkan media sosial itu sendiri, selain itu menampilkan diri di publik Instagram sebaaiknya sesuai dengan minat dan tujuan personal untuk kenyamanan pribadi dan orang lain. Kata kunci: Dramaturgi, Panggung Depan, Panggung Belakang, Manajemen Kesan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:41
Last Modified: 27 Oct 2022 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60124

Actions (login required)

View Item View Item