EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG

Elika Dewi Faustine, 182010139 (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover skripsi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka..pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Pelayan publik selalu menjadi pembicaraan masyarakat yang krusial, tentu perlunya wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan setiap masalah aktivitas pelayanan yang dihadapi. Seiring dengan hadirnya inovasi Pemerintah Kota Bandung di Dinas Komunikasi dan Informatika yakni Program LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) yang sudah ada sejak tahun 2014. LAPOR! ini dibangun sebagai sebuah wadah, sarana dalam kegiatan penyampaian pengaduan maupun aspirasi dalam ranah pelayanan publik dengan itu penelitian ini membahas efektivitas serta masalah yang dihadapi dalam penerapan Program LAPOR! di Kota Bandung dengan tujuan menganalisis, menelaah lebih mendalam tentang masalah dan capaian pelayanan publik, karena itu memiliki fokus efektivitas program dan mengukurnya dari teori Edy Sutrisno dalam Rini Andriani (2018) dengan indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, perubahan nyata. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yakni berkenaan pada suatu peristiwa atau gejala, hingga fakta sosial di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Program LAPOR! sudah dikatakan efektif sebab sudah sebagian masyarakat yang menggunakan, namun partisipasinya belum menyeluruh secara optimal ter￾sosialisasi kepada Masyarakat Kota Bandung terutama warga yang awam akan teknologi dan proses penanganan pengaduan masih ada pengaduan yang cukup lama prosesnya. Kata Kunci: Pelayanan Publik, LAPOR!, Efektivitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:51
Last Modified: 25 Oct 2022 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59909

Actions (login required)

View Item View Item