PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME

HAMIDAH, NURUL ZAHRA, 185050042 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sangatlah penting, akan tetapi pada kenyataan kemampuan tersebut masih jauh dari harapan. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis umumnya disebabkan peserta didik tidak terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan langkah-langkah pemecahan masalah karena peserta didik terbiasa dibimbing dan diarahkan oleh guru. Selain itu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dapat disebabkan oleh disposisi matematis. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis pembelajaran melalui model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me dibanding peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning; 2) untuk mengetahui adanya disposisi matematis menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me dibanding peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning; 3) untuk mengetahui adanya korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah Kelas VIII SMP Negeri 63 Bandung, sampel tidak dipilih secara acak sehingga menggunakan kelas yang sudah ada, kelas VIII 8A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis. Hasil analisis data akhir diperoleh diperoleh bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning.; 2) disposisi metematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning; 3) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis peserta didik yang menggunakan Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Problem Based Learning berbantuan Wizer.me

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:35
Last Modified: 07 Oct 2022 08:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59678

Actions (login required)

View Item View Item