HAMIDAH, NURUL ZAHRA, 185050042 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (670kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis sangatlah penting, akan tetapi pada kenyataan kemampuan tersebut masih jauh dari harapan. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis umumnya disebabkan peserta didik tidak terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan langkah-langkah pemecahan masalah karena peserta didik terbiasa dibimbing dan diarahkan oleh guru. Selain itu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dapat disebabkan oleh disposisi matematis. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis pembelajaran melalui model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me dibanding peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning; 2) untuk mengetahui adanya disposisi matematis menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me dibanding peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning; 3) untuk mengetahui adanya korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah Kelas VIII SMP Negeri 63 Bandung, sampel tidak dipilih secara acak sehingga menggunakan kelas yang sudah ada, kelas VIII 8A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis. Hasil analisis data akhir diperoleh diperoleh bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning.; 2) disposisi metematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning; 3) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis peserta didik yang menggunakan Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Problem Based Learning berbantuan Wizer.me
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:35 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59678 |
Actions (login required)
View Item |