HAKIM, ANITA RAHMAN, 185050018 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGRIS.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (1).pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (1).pdf Download (849kB) | Preview |
|
Text
BAB III (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
||
Text
BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (355kB) | Preview |
Abstract
Berpikir kritis dalam pembelajaran matematika atau berpikir kritis matematis sangatlah penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan Disposisi Matematis adalah pembelajaran Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Project Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh model Project Based Learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa SMP dengan model Project Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas 8 SMP Pelita Bandung. Sampel penelitian ini dipilih secara acak sebanyak dua kelas, yaitu kelas 8C sebagai kelas eksperimen dan kelas 8A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis yang dibuat dalam bentuk uraian, dan isntrumen angket Disposisi Matematis. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data melalui software SPSS Statistics 25,0 for Windows. Dari hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Konvensional 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning. Kata Kunci : Berpikir Kritis Matematis, Project Based Learning, Disposisi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:10 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59674 |
Actions (login required)
View Item |