PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TIKTOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PATOKBEUSI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ERDITHA, NABILLA (2022) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TIKTOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PATOKBEUSI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. abstrak sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. bab I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. bab II.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
13. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
14. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran menulis puisi dan rendahnya kemampuan menulis puisi pada peserta didik khususnya pada peserta didik kelas X SMAN 1 Patokbeusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual TikTok; untuk mengetahui efektivitas kemampuan menulis puisi menggunakan media audio visual TikTok pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual TikTok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik uji coba, teknik tes, observasi dan teknis analisis. Adapun hasil penelitian yaitu, berdasarkan uji Wilcoxon terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi antara kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual TikTok dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional karena nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dan berdasarkan output test statistics uji mann whitney, diperoleh Sig (2-tailed) sebesar 0,007. Maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual TikTok efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi karena nilai Sig (2-tailed) 0,007 < 0,05. Kata kunci: Menulis, puisi, media, TikTok.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:12
Last Modified: 26 Sep 2022 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59575

Actions (login required)

View Item View Item