HASTUTI, SITI WINDI, 185030010 (2022) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE INDEX CARDS MATCH PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Pemilihan jenis metode sebagai upaya dalam pembelajaran bahasa harus dipilih secara tepat, cermat, sesuai kebutuhan, serta bermakna bagi peningkatan kompetensi komunikatif para siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yakni metode Index Cards Match. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung; untuk menguji kemampuan peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung dalam menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi dengan menggunakan metode Index Cards Match; untuk menguji keefektifan metode Index Cards Match pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung; dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode Index Cards Match dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh berupa pretest dan posttest peserta didik baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Adapun data hasil penelitian ini: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi menggunakan metode Index Cards Match dengan rata-rata nilai perencanaan 3,6 dan rata-rata nilai pelaksanaan 3,64, termasuk pada kategori Baik Sekali. 2) Kemampuan peserta didik dalam menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 3,5 menjadi posttest 63,08, 3) Metode pembelajaran Index Cards Match efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian MannWhitney yang mengungkapkan hasil sig. 0,000 < 0,05. 4) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan pemaparan di atas maka metode Index Cards Match dapat dijadikan sebagai inovasi metode pembelajaran yang efektif khususnya dalam menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi. Kata Kunci: metode pembelajaran, Index Cards Match, menganalisis, teks biografi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 08:12 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 08:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58981 |
Actions (login required)
View Item |