RISMAWATI , NENENG, 185050015 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi dan disposisi matematis merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh siswa pada jenjang sekolah menengah. Kemampuan literasi merupakan hal penting dari kemampuan kognitif siswa, sementara itu, disposisi matematis merupakan kemampuan afektif yang sangat menunjang keberhasilan belajar matematika. Akan tetapi, kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa di sekolah masih sangatlah rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pencapaian peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) untuk mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) untuk mengetahui korelasi positif antara kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa melalui model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Metode yang digunakan pada penelitian ini penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen untuk melihat hubungan sebab akibat antar variabel di SMP Negeri 3 Katapang. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah non-ekuivalen (non equivalent control group design). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan literasi matematis dengan soal tes berupa uraian, sedangkan disposisi matematis diberikan soal berupa angket. Berdasarkan pada hasil uji coba instrumen, ternyata instrumen memiliki kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pencapaian peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning yang berbantuan Google Classroom lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Disposisi Matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning yang berbantuan Google Classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa melalui model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Kata Kunci: Literasi matematis, Disposisi Matematis, Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 04:15 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 04:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58900 |
Actions (login required)
View Item |