PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMK

HIKMALIA, MELY (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
9. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
10. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Upaya untuk memperoleh keberhasilan pada pelajaran matematika siswa dituntut memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self-confidence yang baik. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep dan self-confidence siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya siswa menjadi pendengar setia. Satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan Self-confidence adalah Model Blended Learning berbantuan Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar dengan model Blended Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan Model Konvensional; 2) Mengetahui Self-Confidence siswa yang memperoleh model Blended Learning berbantuan Google Classroom lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh Model Konvensional; 3) Mengetahui korelasi antara Model Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self-confidence siswa SMK. Menggunakan metode quasi experiment, desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design dengan Subjek penelitian kelas X SMK Pelita Bandung. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purpose Sampling, sampel penelitian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis dalam bentuk uraian dan instrumen nontes berupa angket Self-confidence. Dari hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar dengan model Blended Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan Model Konvensional; 2) Self-Confidence siswa yang memperoleh model Blended Learning berbantuan Google Classroom lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh Model Konvensional; 3) Terdapat korelasi antara Model Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self-Confidence siswa SMK Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Self-confidence, Model Blended Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 10 Sep 2022 04:03
Last Modified: 10 Sep 2022 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58899

Actions (login required)

View Item View Item