PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELFCONFIDENCE SISWA SMP

NURSABILLA, FEBYLIANY, 185050025 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELFCONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Sunda.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kunci dalam mempelajari matematika sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis sangat penting. Self-confidence juga dapat membantu siswa dalam mempelajari matematika karena banyak peneliti menyimpulkan self-confidence membantu siswa percaya pada kemampuannya sendiri. Namun kemampuan pemahaman konsep dan selfconfidence siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom tanpa bantuan video pembelajaran. 2) apakah self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom tanpa bantuan video pembelajaran. 3) apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control grup. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara tidak acak kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan skala sikap menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t atau independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom tanpa bantuan video pembelajaran, selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom tanpa bantuan video pembelajaran serta terdapat hubungan korelasi yang positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, self- confidence, model pembelajaran flipped classroom berbantuan video

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Sep 2022 01:34
Last Modified: 10 Sep 2022 01:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58891

Actions (login required)

View Item View Item