PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELFEFFICACY SISWA SMP

Dewi, Nirma Rahmawati (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELFEFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
001_ Cover Nirma.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
002_Lembar Pengesahan.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
006_ Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
007_ Abstract.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
009_BAB I .pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
010_BAB II.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
011_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
012_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
013_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
014_ Daftar Pustaka .pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah self-efficacy yang memperoleh model Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP dengan model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimemy) dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 40 Bandung tahun ajaran 2021-2022 sebanyak dua ke;as yang di[ilih menurut pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 60 siswa, diantaranya 30 siswa kelas VIII-F dan 30 siswa kelas VIII-G, dimana kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Discovery Learning berbantuan Google Classroom dan kelas VIII-G yang hanya diberi perlakuan dengan model Discovery Learning. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Instrumen tes kemampuan diberikan saat pretest dan posttest, sedangkan angket diberikan saat posttest. Data yang terkumpul dari hasil pretest, posttest dan angket kemudian diolah menggunakan bantuan Software IBM SPSS 23 for Windows.Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning. 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Model Discovery Learning, dan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:16
Last Modified: 09 Sep 2022 06:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58887

Actions (login required)

View Item View Item