Dewi, Nirma Rahmawati (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELFEFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
001_ Cover Nirma.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
002_Lembar Pengesahan.pdf Download (692kB) | Preview |
|
|
Text
006_ Abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
007_ Abstract.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
009_BAB I .pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
010_BAB II.pdf Download (833kB) | Preview |
|
Text
011_ BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
012_ BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
013_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
014_ Daftar Pustaka .pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah self-efficacy yang memperoleh model Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP dengan model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimemy) dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 40 Bandung tahun ajaran 2021-2022 sebanyak dua ke;as yang di[ilih menurut pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 60 siswa, diantaranya 30 siswa kelas VIII-F dan 30 siswa kelas VIII-G, dimana kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Discovery Learning berbantuan Google Classroom dan kelas VIII-G yang hanya diberi perlakuan dengan model Discovery Learning. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Instrumen tes kemampuan diberikan saat pretest dan posttest, sedangkan angket diberikan saat posttest. Data yang terkumpul dari hasil pretest, posttest dan angket kemudian diolah menggunakan bantuan Software IBM SPSS 23 for Windows.Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning. 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Model Discovery Learning, dan Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 06:16 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58887 |
Actions (login required)
View Item |