PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn (Penelitian Survei di SMP Negeri 15 Bandung)

KHOERUNNISA,DWI HILDA, 185010037 (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn (Penelitian Survei di SMP Negeri 15 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTARK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul pada penelitian ini yaitu Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn. Tujuan pada penelitian ini ialah: (1) mengetahui kemandirian belajar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Bandung. (2) mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Bandung. (3) mengetahui pengaruh kemandirian terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan metode survey dan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara serta teknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji homogenitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis pada penelitian ini yaitu “terdapat pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap motivasi belajar (Y)”. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang cukup dari variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 984 atau 98,4%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y = 16,245 + 785X artinya jika setiap persepsi mahasiswa tentang profesi guru (variabel X) meningkat 1 poin maka menyebabkan kecenderungan peningkatan minat menjadi guru (variabel Y) sebesar 984. Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan hasil perhitungan sebesar 98,4%, dan sebagian lainnya sebesar 1,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan hipotesis penelitian ialah dapat diterima, karena terdapat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:19
Last Modified: 31 Aug 2022 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58593

Actions (login required)

View Item View Item