ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur)

Nuraini, Ernawati (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
09 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, dan belum optimalnya pelaksanaan proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru dalam menunjang peningkatan hasil belajar siswa, serta siswa kurang mampu dalam memecahkan masalah sehingga siswa tidak dapat mengembangkan pemikirannya untuk berpikir kritis yang melatarbelakangi penelitian ini. Dengan mengembangkan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang memfokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif selama kegiatan pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan model Problem Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang berasal dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, penelitian terdahulu, maupun dari situs internet yang sesuai dengan masalah yang dikaji. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, pengeditan, pengategorian, dan menganalisis data objek yang diteliti. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deduktif, induktif, komparatif, dan interpretatif. Informasi mengenai hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model Problem Based Learning, yaitu dapat dikatakan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning dalam kegiatan pembelajaran tematik hasil belajar siswa meningkat karena pada model Problem Based Learning ini siswa dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan memiliki sikap berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu masalah, sehingga siswa melakukan proses belajarnya secara maksimal. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar, Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:32
Last Modified: 05 Jul 2022 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57892

Actions (login required)

View Item View Item