ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

NABILLA, SOFIE, 175060105 (2022) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. abstract.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak sunda.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. bab I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. bab II.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
12. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
13. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
14. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
15. daftar pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitan ini didasari oleh permasalahan yaitu kurangnya hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Pada penelitian ini penulis tertarik dengan bagaimana model pembelajaran kooperatif jigsaw di terapkan di pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang telah di raih menunjukan dari beberapa jurnal bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw mampu meningkatkan hasi belajar peserta didik, kepercayaan diri, rasa tanggung jawab, jiwa pemimpin . Namun,ditemui dari beberapa jurnal lainnya menunjukkan bahwa model pembelajaran koopeatif jigsaw memiliki beberapa kendala yaitu memerlukan waktu yang cukup lama untuk menentukan tempat duduk dan kelompok, sulit untuk menentukan anggota kekomok, yang memiliki kemampuan lebih pintar cenderung tidak mau dikelompokan dengan yang memiliki kemampuan cukup, begitupun sebaliknya, kondisi kelas yang cenderung berisik. Oleh karena itu pendidik harus mampu mengenl karaktersitik peserta didik dulu sebelumnya dan mampu mengatasi segala kegiatan selama pembelajaran dan menjadi fasilitator yang baik untuk peserta didik. Kesimpulan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dengan kelompok hetergen berjumlah 4-6 orang dalam satu kelompok, terdiri dari kelompok asal dan ahli yang memiiki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi kepada teman lainnya. Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh, hal ini diperkuat oleh jurnal terdahulu mengenai model pembelajaran kooperatif jigsaw yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 12 May 2022 08:04
Last Modified: 12 May 2022 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57233

Actions (login required)

View Item View Item