PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA MAKE UP ARTIST “AFFIFAH MAKE UP” DI KOTA CIAMIS

Widdy Wedari Asih, 182040081 (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA MAKE UP ARTIST “AFFIFAH MAKE UP” DI KOTA CIAMIS. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (19kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (137kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (66kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (19kB)

Abstract

Affifah Make Up merupakan salah satu jasa MUA terkenal di Kota Ciamis yang sudah menggunakan platform social media online sebagai sarana kegiatan pemasarannya serta hasil karya make up nya disukai oleh masyarakat kalangan wanita sebagai pilihan untuk merias pada momen penting atau acara – acara besar. Pada penelitian ini, peneliti menemukan beberapa permasalahan diantaranya kurang luasnya pemilihan tempat penyaluran pembelian karena adanya ketidak siapan pihak Afiffah Make Up bersedia menempuh jarak yang jauh dan tenaga lebih untuk memenuhi keinginan kliennya dan kurang menjaga merek/citra serta kepercayaan klien dengan pelayanan komunikasi dengan klien terkadang cukup lambat merespon. Hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh penggunaan komunitas online belum dimanfaatkan sepenuhnya, dengan membuat forum komunitas online ini bisa sebagai jalan untuk mempererat hubungan serta bisa memecah permasalahan atau kendala dengan klien serta kegiatan interaksi dengan klien cukup lambat merespon karena tidak adanya karyawam atau admin khusus di bidang media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh social media marketing terhadap keputusan penggunaan jasa Make Up Artist “Affifah Make Up” di Kota Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, teknik pengumpulan data, meliputi; primer dengan observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan kuesioner (angket) kepada 97 responden, sedangkan sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu, meliputi; jurnal, artikel, dan buku, teknik analisis data meliputi; analisis skor tiap variabel, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, pengujian hipotesis, dan analisa koefisien determinasi. Menurut perhitungan analisis skor bahwa kondisi social media marketing pada bisnis jasa Affifah Make Up berada pada daerah yang sangat baik. Sedangkan untuk kondisi keputusan penggunaan pada bisnis jasa Affifah Make Up juga berada pada daerah yang sangat baik . Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat kontribusi atau kemampuan variabel social media marketing terhadap variabel keputusan penggunaan adalah sebesar 57,9%. Sementara sisanya sebesar 42,1% variabel keputusan penggunaan diberikan oleh faktor-faktor lain yang tidak teridentifikasi dan diluar penelitian. Dalam kegiatan penelitian ini, peneliti menemukan hambatan yang terjadi pada pelaksanaan social media marketing Affifah Make Up diantaranya yaitu kurangnya pemanfaatan komunitas online dan keterlambatan dalam memberikan respon kepada klien. Upaya yang dapat dilakukan oleh Affifah Make Up yaitu dengan cara memaksimalkan komunitas online yaitu dengan memanfaatkan fitur-fitur media sosial seperti question stickers, quiz stikers, chat stikers, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk menampung segala informasi, saran maupun kritik. Dan menambahkan tim atau karyawan baru yang memang dikhususkan untuk memegang kendali di bidang sosial media. Kata kunci: Social Media Marketing, Keputusan Penggunaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 May 2022 02:03
Last Modified: 12 May 2022 02:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57222

Actions (login required)

View Item View Item