Ryan Mayda Arwijaya, 162050286 (2022) PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI JUAL BELI ONLINE DI KALANGAN REMAJA DI KABUPATEN KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
ABSTRAK (3 BAHASA).docx Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (35kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (32kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (220kB) |
|
Text
COVER.docx Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (115kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI JUAL BELI ONLINE DI KALANGAN REMAJA DI KABUPATEN KARAWANG”. Tujuan dan kegunaan penelitian mengacu kepada pemanfaatan media sosial Facebook sebagai media komunikasi jual beli secara online yang di pilih oleh kalangan remaja di Kabupaten Karawang. Teori yang digunakan dan dirasa relevan pada penelitian ini yaitu Teori Media (Medium Theory) dari Marshall McLuhan dan Harold Adams Innis. Teori Media merupakan riset yang menekankan kepada bagaimana media serta proses komunikasi mempengaruhi persepsi serta perasaan manusia, dan nilai teknologi yang mempengaruhi komunikasi melalui media baru. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data-data yang diperoleh dalam penelitian mengacu kepada studi kepustakaan, observasi, wawancara secara mendalam, serta dokumentasi oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, Facebook selaku media komunikasi jual beli online di kalangan remaja di Kabupaten Karawang memiliki keunggulan dan kehandalan yang dirasa berpotensi dan memberikan hasil promosi yang positif, dengan kekuatan jejaring sosial yang cepat dan praktis, serta mengenai karakteristik Facebook yang terletak pada fitur group yang banyak digunakan dalam kegiatan jual beli online yang menjadikannya memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan media sosial lainnya dalam hal jual beli online. Kesimpulan dalam penelitian berpedoman kepada kehandalan, karakteristik, serta efek media Facebook selaku media komunikasi jual beli online di kalangan remaja di Kabupaten Karawang yang pada dasarnya Facebook dinyatakan sebagai media komunikasi online yang memiliki tingkat pengguna aktif terbanyak, sehingga sangat dapat dihandalkan dan dijadikan peluang bisnis dengan fokus pasar yang terarah. Serta dengan pemanfaatan fitur group pada Facebook yang mampu mempengaruhi persepsi kalangan remaja di Kabupaten Karawang yang merasa memiliki kemudahan pada saat akan dan hendak melakukan kegiatan penjualan, pembelian, maupun promosi yang dilakukan di media Facebook.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 05:56 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 05:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56732 |
Actions (login required)
View Item |