Nur Annisa, Erpianty, 175060165 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
Daftra Pustaka.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan peran pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif sehingga dapat menghasilkan data deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi pustaka (library research), yaitu keterkaitan kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka seperti mendalami, mencermati, menganalisis, mengidentifikasi pengetahuan, membaca dan mencatat serta mengelolah bahan penelitian yang bersumber dari buku dan jurnal, serta sumber relevan lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu organizing, editing dan finding. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deduktif, induktif, interpretatif, dan komparatif. Hasil analisis dari penelitian membuktikan bahwa pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal mampu memberikan pembelajaran yang bermakna dan menginspirasi siswa untuk menemukan pengetahuan selama proses pembelajaran dan mengaitkannya dengan pengetahuan terkini, khususnya tentang lingkungan. Dengan ini, pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal berperan untuk menciptakan lingkungan serta pengalaman belajar yang mengintegrasikan konsep, tema, serta budaya menjadi komponen dari prosedur pembelajaran, serta integrasi budaya dan kearifan lokal dalam pembelajaran. Hal ini terbukti pada penelitian yang telah dilakukan sebelumnya melalui hasil analisis dengan data sekunder yang digunakan pasti sebanyak 25 artikel. Berdasarkan hasil tersebut maka pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar layak digunakan dalam proses pembelajaran dan berperan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci: pembelajaran tematik, kearifan lokal, sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 04:28 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 04:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56526 |
Actions (login required)
View Item |