PUTRA, M. AGUNG BACHTIAR, 175060082 (2022) KAJIAN MENGENAI PERAN BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MASA PANDEMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Sunda.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
10.Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
Text
11.Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
Text
12.Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
|
Text
13.Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah sebagai berikut (1) Untuk mengetahui konsep bimbingan orang tua terhadap proses belajar di Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui proses bimbingan orang tua terhadap anak dalam hal meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini peneliti fokuskan terhadap peran orang tua meningkatkan hasil belajar siswa dimasa pandemi dan kesulitan yang dihadapi orang tua meningkatkan hasil belajar siswa dimasa pandemi SDN. Sikap orang tua harus sesuai dengan apa yang diajarkan kepada anak. Salah satu peran orang tua yang dijelaskan diatas yaitu sebagai pendorong atau pemberi motivasi. Motivasi yang dimaksud bisa berupa dorongan untuk belajar. Pada saat belajar terkadang anak akan mengalami kesulitan dan semangatnya menurun. Orang tua harus memberikan dorongan agar anak lebih semangat dalam belajar dan mampu mengatasi kesulitannya. Dari beberapa analisis jurnal melalui teknik studi pustaka tentang hasil belajar di Sekolah Dasar, maka hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil belajar (perubahan tingkah laku: kognitif, afektif dan psikomotorik) setelah selesai melaksanakan proses pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil evaluasi berupa nilai. Jadi hasil belajar pada hakikatnya yaitu berubahnya perilaku peserta didik meliputi kognitif, afektif, serta psikomotoriknya. Sehingga setiap pendidik pastinya akan mengharapkan agar hasil belajar peserta didiknya itu meningkat setelah melakukan proses pembelajaran. Hasil penelitian ini mempunyai implikasi dalam upaya peningkatan hasil belajar di Sekolah Dasar dengan memperhatikan peran orangtua di rumahnya. Kata kunci: Peran Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:48 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55436 |
Actions (login required)
View Item |