ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SANCA III

Meliyana, Mia, 175060150 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SANCA III. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama Covid-19 di SDN Sanca III. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN Sanca III. Adapun pokok-pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu: (1) bagaimana kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN Sanca III, (2) bagaimana upaya kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN Sanca III. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah skala likert, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Sumber data dari penelitian ini 2 responden utama yaitu guru dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama Covid-19, guru sulit untuk membimbing secara langsung bagi peserta didik yang belum bisa membaca dan berhitung, guru tidak menguasai teknologi untuk membuat media pembelajaran, peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan, adanya aktivitas dirumah yang menghambat proses pembelajaran daring, tidak semua peserta didik memiliki alat untuk proses pembelajaran daring, peserta didik tidak selalu memiliki kuota, lemahnya jaringan internet disekitar rumah, dan orang tua sulit dalam membimbing peserta didik pada saat proses pembelajaran daring. Adapun upaya yang dilakukan guru membuat kelompok kecil bagi peserta didik yang belum bisa membaca dan berhitung, guru selalu memberi tahu kepada peserta didik untuk terus melanjutkan pembelajaran berikutnya dibuku modul supaya materi tidak terhambat, seminggu sekali mengadakan tatap muka untuk pengumpulan tugas, peserta didik yang tidak memiliki kuota atau alat teknologi selalu bergabung dengan teman yang jaraknya dekat dengan rumah, guru selalu mengingatkan kepada orang tua peserta didik untuk selalu membimbing anak-anaknya dirumah. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:29
Last Modified: 26 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55402

Actions (login required)

View Item View Item