ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka)

ALIPAH, ALMA, 175060086 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Alma.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, penerapan dan kendala, serta pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang disebabkan oleh kurang terlatihnya kemampuan berpikir kritis pada siswa, karena proses pembelajaran yang singkat dan siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan ide atau pertanyaan yang mereka punya. Melalui model problem based learning dalam kegiatan belajar akan meningkatkan keaktifan siswa dan memudahkan siswa dalam memahami konsep pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan Jenis penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari editing, organizing, dan analyzing. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah komparatif, interpretatif, deduktif, dan induktif. Kesimpulan penelitian ini adalah model PBL merupakan model pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi siswa, sehingga dapat melatih kemampuan berpikir kritis nya. Hasil penelitian menunjukkan dari beberapa analisis bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan digunakannya model problem based learning. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jan 2022 10:50
Last Modified: 21 Jan 2022 10:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55371

Actions (login required)

View Item View Item