Sa’idah, Erva Lailiyatus, 175060126 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Study Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dalam strategi pembelajaran berbasis masalah (prblem based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Dalam proses berpikir kritis siswa, hal tersebut tidak akan terjadi tanpa adanya sebuah proses pembiasaan yang harus diterapkan kepada siswa dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran salah satunya yaitu penggunaan model berbasis masalah atau model problem based learning, karena model pembelajaran berbasis masalah ini siswa akan bekerja sama baik dengan kelompok kecil ataupun kelompok besar untuk menangani masalah yang sesuai dengan pengetahuan yang mereka ketahui pada pengalaman yang pernah di alami siswa agar siswa dapat bertukar pikiran dengan siswa lainnya. siswa juga akan dihadapkan dengan permasalah dunia nyata, siswa akan aktif dalam menyelesaikan permasalahan, membuat tim atau kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang harus dipecahkan. Pada model ini siswa akan belajar untuk mandiri karena guru hanya mengarahkan siswa agar aktif dalam belajar serta meningkatkan berpikir kritis siswa. pada Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang merupakan rangkaian kata yang sifatnya studi pustaka, pada penelitian ini jenis yang di gunakan adalah studi pustaka dimana pengumpulan informasi dengan penyelidikan survei buku, jurnal, tulisan, catatan dan laporan yang sedang diselesaikan. Model ini juga memiliki kelebihan yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa melalui proses pembelajaran dengan melibatkan permasalahan yang nantinya harus di pecahkan oleh siswa sehingga siswa dapat berpikir secara kritis. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan model problem based learning ini sangatlah cocok untuk di terapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. dalam hal ini siswa mampu memecahkan permasalahan yang terjadi di dunia nyata. Kata kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 10:37 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 10:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55369 |
Actions (login required)
View Item |