Dzulhijjah, Sa’Firas Maziyyah, 175060021 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
8. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca permulaan peserta didik yang rendah. Rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas 1 sekolah dasar salah satunya disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga dalam proses pembelajaran di dalam kelas peserta didik hanya diam, merasa jenuh, dan merasa bosan saat diberikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian tentang penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang mengkaji berbagai literatur seperti jurnal-jurnal, buku dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik bahasan. Berdasarkan hasil dari penelitian studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa (1) Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) ialah metode pembelajaran yang mempermudah peserta didik saat mengalami kesulitan dalam membaca kalimat sederhana, menguraikan kata menjadi suku kata dan menyatukan kembali suku kata menjadi sebuah kalimat, (2) Kemampuan membaca permulaan adalah bukan hanya sekedar kumpulan huruf-huruf abjad A-Z tetapi memahami dan menginterpretasikan sebuah lambang atau tanda yang bermakna sehingga pesan yang disampaikan penulis dapat diterima oleh pembaca. Membaca di sekolah dasar bertujuan untuk melatih peserta didik agar kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan hasil belajar yang diharapkan di kelas, (3) Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas 1 sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dari banyaknya penelitian terdahulu yang menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas 1 sekolah dasar dengan menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Kata kunci: Membaca, Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:09 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54967 |
Actions (login required)
View Item |