PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SERTA DITINJAU DARI DOMISILI DAN PERBEDAAN GENDER PADA SMP TEMARA ILMU AR-RIFQI

Dede Irpan, NPM : 178060016 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SERTA DITINJAU DARI DOMISILI DAN PERBEDAAN GENDER PADA SMP TEMARA ILMU AR-RIFQI. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
COVER.docx

Download (82kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (66kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (61kB)
[img] Text
Bab III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
Bab IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
Bab V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Putaka.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujua untuk menelaah dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi perbandingan terutama pada pokok bahasan tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Sahre (TPS) dan siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori.Penelitianinidilakukan di kelas VII SMP TemaraIlmuAr-Rifqi. Penelitimemilihsubjekpenelitianditinjaudaridomisilidanperbedaan gender. Subjekpenelitiantersebutadalahsiswakelas VII SMP TemaraIlmuAr-Rifqi.Dalampenelitianiniterbagikedalamduateknikpengambilan data. Teknikpertamapenelitianmenggunakanmetodekuantitatifdankualitatif, instrumen yang digunakan antara lain tes kemampuan pemecahan masalah, angket disposisi matematik serta lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; 1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran TPS lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori, 3) disposisi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model TPS lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran ekspositori serta 4). Terdapat korelasi anatara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis ditinjau dari domisili dan perbedaan gender. Kata Kunci : Model Pembelajaran TPS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Domisili, Perbedaan Gender.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 20 Nov 2021 04:24
Last Modified: 20 Nov 2021 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54313

Actions (login required)

View Item View Item