ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

IDRIS, MUHAMMAD FAHMI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 FAHMI - COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 FAHMI - LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 FAHMI - ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 FAHMI - BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 FAHMI - BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
13 FAHMI - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
14 FAHMI - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
15 FAHMI - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
16 FAHMI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) konsep dan implementasi model pembelajaran project based learning di sekolah dasar; 2) kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar; 3) bagaimana peran guru dan peserta didik dalam model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; 4) faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu editing, organizing dan finding. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu induktif dan deduktif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa konsep dan implementasi model pembelajaran project based learning adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembuatan proyek dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yaitu: 1) menentukan pertanyaan mendasar; 2) mendesain perencanaan proyek; 3) menyusun jadwal; 4) mengawasi jalannya proyek. 5) menguji hasil; 6) mengevaluasi kegiatan. Hasil yang diperoleh dari analisis penelitian terdahulu bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar meningkat dan dapat dikatakan baik setelah diterapkannya model pembelajaran project based learning, dengan memuat aspek kemampuan berpikir lancar (fluency), keluwesan (flexibelity), keaslian (originality), dan kerincian (elaboration). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik tidak terlepas dari adanya peran guru, peserta didik dan faktor pendukung yang mempengaruhinya. Peran guru disini hanya sebagai fasilitator dan motivator sedangkan peserta didik yang berperan aktif dalam menganalisis, membuat dan mempersentasikan hasil. Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, project based learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:23
Last Modified: 18 Nov 2021 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54283

Actions (login required)

View Item View Item