ANALISIS METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

AMINAH, SAYYIDAH, 175060020 (2021) ANALISIS METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 2.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text
15. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian mengenai konsep, strategi penerapan dan hubungan dari metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Keterampilan membaca pemahaman ialah kegiatan yang dilakukan pembaca untuk mendapatkan makna atau informasi yang terkandung dari teks bacaan. Namun, kenyataanya keterampilan dalam membaca pemahaman pada peserta didik masih kurang dikarenakan metode atau strategi yang digunakan guru masih bersifat kontekstual. Berdasarkan latar belakang tersebut, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau kepustakaan yang mengkaji jurnaljurnal. Adapun pendekatan penelitian yang terdapat pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif artinya mendeskripsikan kejadian yang telah dialami oleh subjek dengan bahasa ilmiah yang bersumber dari tiga belas jurnal penelitian terdahulu dengan variabel X yaitu metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan variabel Y adalah keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui editing, organizing dan finding. adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deduktif, induktif, komparatif dan interpretatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman maka diperlukannya salah satu metode atau stategi pembelajaran yaitu metode Survey, Question Read, Recite, Riview (SQ3R). Metode SQ3R adalah metode pembelajaran yang memerhatikan langkah-langkah dalam menggali keterampilan dalam membaca pemahaman peserta didik yang memenuhi enam komponen dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari setiap sumber yang dianalisis dan dikuatkan dengan penelitian terdahulu menyatakan bahwa adanya peningkatan pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik secara signifikan melalui penggunaan metode SQ3R. Kata kunci: Keterampilan membaca pemahaman, metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:37
Last Modified: 08 Nov 2021 08:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53723

Actions (login required)

View Item View Item