ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

MULYADI,,MITA SRI, 175050032 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRAK BAHASA SUNDA MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
BAB III MITA SRI MULYADI 175050032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB IV MITA SRI MULYADI 175050032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V MITA SRI MULYADI 175050032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA MITA SRI MULYADI 175050032.pdf

Download (543kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar penting dimiliki oleh siswa. Namun kenyataanya kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa cenderung masih rendah. Guru harus berupaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar melalui model atau pendekatan pembelajaran yang bervariasi, salah satu alternatif melalui pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemampuan berpikir kreatif kreatif matematis siswa sekolah menengah dalam implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education; (2) menganalisis kemandirian belajar siswa sekolah menengah dalam implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education; (3) menganalisis korelasi kemandrian belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, yaitu artikel dari jurnal nasional dan internasional bereputasi yang terkait dengan kemampuan berpikir kreatif matematis, kemandirian belajar dan pendekatan Realistic Mathematics Education. Teknik penelitian yang digunakan pada penlitian ini yaitu Editing, Organizing, dan Finding. Analisis data yang digunakan berupa induktif, interpretatif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis dalam implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education mengalami peningkatan secara signifikan. Indikator yang peningkatanyya tinggi yaitu fluency, flexibility. (2) Kemandirian belajar siswa dalam implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education mengalami peningkatan yang signifikan ; (3) terdapat korelasi antara kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis, semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar, Pendekatan Ralistic Mathematic Education.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:20
Last Modified: 08 Nov 2021 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53717

Actions (login required)

View Item View Item