PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 2 Lembang)

PUTRI, YESI AMELIA (2021) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 2 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Ringkesan.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagamaina kemampuan literasi digital, kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Lembang. (ii) Seberapa besar pengaruh kemampuan literasi digital siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Lembang. (iii) Seberapa besar pengaruh Kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas kelas XI IPS SMAN 2 Lembang. (iv) seberapa besar pengaruh kemampuan literasi digital dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Lembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dan instrument tes objektif dengan teknik analisis data menggunakanregresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS 24.0 for windows. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) Kemampuan literasi digital dengan nilai rata-rata sebesar 4,04 (80,7%) termasuk pada kriteria sangat baik, Kemandirian belajar dengan nilai rata-rata sebesar 3,55 (70,84%) termasuk kedalam kategori baik, serta hasil belajar dalam ranah kognitif pada kompetensi dasar 3.2 mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS kurikulum 2013 revisi yaitu menganalisis permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi hasil sebagian besar subjek penelitian yaitu 60 (49%) mendapatkan nilai tuntas dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). (ii) Adanya pengaruh signifikan kemampuan literasi digital terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.653 (65.3%)dengan analisis statistikthitung sebesar 15.004 > dari ttabel 1.980 dengan nilai sigfikansi 0.000 < 0.05 (5%). (iii) Adanya pengaruh signifikan sebesar 65,8% (0.658) antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa dengan analisis statistik t hitung sebesar 15,184 > dari t tabel sebesar 1,980 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0,05 (5%). (iv) adanya pengaruh secara simultan sebesar 65,9% (0,659) dengan hasil regresi linear berganda regresi linear berganda ini yaitu Y = 5.628 + 0,039X1 + 0,061X2. serta kesimpulan dapat diterima. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran (i) bagi siswa diharapkan meningkatkan hasil belajar melalui kemampuan literasi digital atau kemandirian belajar dalam belajar mata pelajaran ekonomi. (ii) Bagi Sekolah diharapkan mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitaskemampuan literasi digital dan kemandirian belajar. (iii) bagi peneliti laindiharapkan dapat mencari lebih banyak sumber informasi dan referensi terkait pembahasan penelitian. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Digital, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Nov 2021 06:15
Last Modified: 05 Nov 2021 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53680

Actions (login required)

View Item View Item