PENGARUH PENGELOLAAN KELAS ONLINE TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 18 Bandung)

WAHYUNI, LINTANG SUKMA, 175020104 (2021) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS ONLINE TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 18 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 5 ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 ABSTRACT.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 RINGKESAN.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 12 BAB 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 13 BAB 2.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
FILE 14 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
FILE 15 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FILE 16 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
FILE 17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) pengelolaan kelas online pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 18 Bandung, (ii) Efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 18 Bandung, (iii) Seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas online terhadap efektivitas pembelajaran siswa di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 18 Bandung. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survey dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner melalui googleform dengan 105 sampel siswa. Hasil penelitian menunjukkan: i) pengelolaan kelas online pada mata pelajaran ekonomi dalam kategori baik dengan bobot skor 3,679; (ii) efektivitas pembelajaran siswa menunjukkan hasil yang baik dengan skor 3,57; (iii) pengelolaan kelas online dinilai cukup memberikan pengaruh akan efektivitas pembelajaran sebesar 49,8% Hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas online terhadap efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 18 Bandung”. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: i) Bagi siswa, dapat mengoptimalkan dalam belajar lebih aktif dan terus semangat dalam belajar meskipun pembelajaran dilaksanakan secara online; ii) Bagi guru, dapat mempertahankan pengelolaan kelas online dengan baik dan tepat agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif; iii) Bagi sekolah, dapat pertimbangan kebijakan sekolah selanjutnya dan motivasi bagi sekolah agar lebih berusaha dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan pengelolaan kelas yang dilaksanakan secara online; iv) Bagi peneliti selanjutnya, untuk mengkaji lebih dalam lagi referensi yang berkaitan agar hasil penelitian dapat lebih baik sehingga penelitian dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas Online, Efektivitas pembelajaran siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:34
Last Modified: 28 Oct 2021 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53472

Actions (login required)

View Item View Item