PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SISTEM EKSRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

SELATAN, WINDY MUTIARA, 175040003 (2021) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SISTEM EKSRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berpikir kritis adalah sebuah kemampuan yang dimiliki setiap orang untuk menganalisis ide atau gagasan ke arah yang lebih spesifik. Berpikir kritis juga adalah proses untuk membuat keputusan yang rasional,menilai secara cermat, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep materi Sistem eksresi. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMAN 1 Sukanagara. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukan bahwa pengetahuan awal peserta didik pada materi Sistem Eksresi yang ditentukan melalui pretest menunjukan skor rata-rata sebesar (47,3) sedangakan pengetahuan setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning yang ditentukan melalui posttest menunjukan skor ratarata (79,9). Kategori peningkatan berpikir kritis peserta didik ditentukan melalui perhitungan N-gain. Peserta didik yang masuk ke kategori Tinggi (45,8) , Sedang (45,8), dan Rendah (8,33). Maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan model discovery learning berada pada kategori Tinggi dan Sedang. Kata kunci : Berpikir Kritis, Model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:03
Last Modified: 28 Oct 2021 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53446

Actions (login required)

View Item View Item