LAURA MAWITA BR SEMBIRING, 175030095 (2021) ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IVANNA VAN DIJK KARYA RISA SARASWATI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengasahan.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN BAHASA SUNDA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati; mengetahui konflik batin yang dialami tokoh utama dalam Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati; serta mengetahui kesesuaian novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik catat dan baca, serta dokumentasi. Adapun hasil penlitian yaitu: pertama, struktur intrinsik yang terdapat pada novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati telah terpenuhi. Hal tersebut dapat dibuktikan karena terdapat cerita, tema, latar (tempat, waktu, suasan), tokoh dan penokohan, plot (eksposisi, komplikasi, klimask, dan penyelesaian), sudut pandang (orang pertama tunggal dan orang ketiga tunggal), serta gaya bahasa (simile, metafora, alegori, personifikasi, hiperbola, tautologi, dan sarkasme). Kedua, konflik batin tokoh utama yang terdapat pada novel Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati telah terpenuhi. Hal tersebut dapat dibuktikan, karena terdapat konflik batin, dan konflik fisik serta terdapat konflik internal dan eksternal. Ketiga, hasil analisis unsur intrinsik dan konflik batin telah terpenuhi dan sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, serta dikatakan layak untuk dimanfaatkan menjadi bahan ajar. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa, beberapa hasil temuan dalam analisis ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk bahan pembelajaran karena sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 atau sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kata kunci: Struktur, Konflik Batin, Novel
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 04:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53194 |
Actions (login required)
View Item |