TITIS PRAKETISIWI, 175060168 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP PADA SISWA KELAS IV SECARA DARING DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Nanjung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu upaya yang sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa tetapi juga pada proses pembelajaran, proses pembelajaran yang efektif jika proses pembelajaran dan hasil yang diperoleh tercapai. Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi di indonesia membuat proses belajar mengajar di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika menggunakan WhatsApp Group pada siswa kelas IV di sekolah dasar. Hasil penelitian berdasarkan obeservasi dan angket menujukkan bahwa guru sangat efektif menggunakan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran seperti, memberikan materi pembelajaran berupa gambar, video dan soft file. Pengumpulan tugas dapat berupa foto atau dengan mengisi soft file. Semua aktivitas utama pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media WhatsApp Group. Kemampuan berhitung siswa kelas IV di sekolah dasar masih kurang. Sehingga siswa harus berlatih lagi dalam berhitung dengan mengulang perkalian 1-10. Sebagian besar siswa tidak antusias terhadap pembelajaran matematika. Di SDN Nanjung sudah melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga setiap hari nya siswa maju ke depan kelas untuk menyetorkan hafalan perkalian. Dengan demikian efektivitas pembelajaran matematika menggunakan WhatsApp Group sudah efektif di kelas IV SDN Nanjung Kec. Ciwidey. Kata kunci : Efektivitas, WhatsApp Group
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 07:44 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 07:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53152 |
Actions (login required)
View Item |