Maria Valentina Gunu Tukan. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits of Mind Siswa SMP Melalui Model Situation Based Learning (SBL).

Maria Valentina Gunu Tukan, 175050026 (2021) Maria Valentina Gunu Tukan. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits of Mind Siswa SMP Melalui Model Situation Based Learning (SBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi literature yang memberikan informasi terkait pembelajaran matematika pada sekolah menengah pertama dengan model pembelajaran situation based learning (SBL). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis, habits of mind dan implementasi model SBL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik deduktif dan teknik induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; [1] kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan setelah mendapat model pembelajaran situation based learning. Dengan model pembelajaran SBL guru hanya bertindak sebagai fasilitator dengan mengupayakan penggunaan teknik scaffolding, [2] Kemampuan habits of mind tidak mendapat pengaruh secara signifikan dengan model pembelajaran situation based learning. Hal ini disebabkan oleh waktu yang terbatas dalam beberapa penelitian yang peneliti temukan, [3] Pengimplementasian model situation based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa membawa perubahan pada kegiatan guru maupun siswa. Guru harus bisa memahami dan beradaptasi dengan langkah-langkah pembelajaran SBL dan harus bisa mengkreasi situasi belajar yang membuat siswa merasa tertantang dalam belajar. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Habits of Mind, Situation Based Learning (SBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Oct 2021 06:01
Last Modified: 16 Oct 2021 06:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53145

Actions (login required)

View Item View Item