ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Pratiwi, Amalia (2021) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SUDAH TTD.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indo.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar siswa SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi literatur. Analisis data yang dilakukan mengenai konsep model Problem Based Learning, penerapan model Problem Based Learning dan hubungan model Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini diawali dengan merumuskan permasalahan, kemudian mencari hasil penelitian terdahulu yang relevan dan menganalisisnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari jurnal, buku dan artikel yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan, model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan sebuah permasalahan nyata untuk membangun pengetahuan baru berdasarkan pengalaman siswa. Dalam model Problem Based Learning ini terdapat langkah-langkah dan sintaks yang berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang lebih baik, baik itu dalam ranah afektif, kognitif, maupun psikomotor. Walaupun penerapan model Problem Based Learning ini berbeda-beda baik itu quasi eksperimen atau PTK, tetapi keduanya menunjukkan hasil yang sangat baik. Berdasarkan data yang sudah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:12
Last Modified: 12 Oct 2021 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53055

Actions (login required)

View Item View Item