REVA INTELLIANA ANGGRAENI, 175060124 (2021) ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif di SDN Kopo 04 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN REVA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hambatan belajar (learning obstacle) yang terjadi pada siswa terutama pada materi pecahan kelas IV dan upaya untuk mengatasi hambatan belajar (learning obstacle) tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 17 orang siswa kelas IV SDN Kopo 04 tahun ajaran 2021/2022 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan untuk pengambilan data peneliti menggunakan instrumen tes dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan learning obstacle dengan kategori ontogenic obstacle yaitu bahwa siswa belum memahami bagaimana mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pada pecahan. Siswa juga mengalami epistemological obstacle jika dihadapkan dengan konteks soal yang berbeda dari yang dicontohkan oleh guru dalam buku dan keliru memahami maksud soal. Selain itu ditemukan didactical obstacle dimana siswa belum bisa menempatkan pembilang dan penyebut, siswa juga tidak mengetahui definisi dari pecahan dan konsep pecahan sebagai bagian dari satu utuh serta pecahan sebagai bagian dari kelompok, karena diakibatkan oleh pengajaran guru yang kurang tepat. Serta ditemukan pula upaya untuk mengatasi hambatan belajar (learning obstacle) yang ditemukan seperti mengadakan remidial, pengayaan, menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education), sering melakukan latihan soal, dan dapat menggunakan media belajar lain selain buku. Upaya untuk mengatasi learning obstacle yang ditemukan diharapkan dapat direalisasikan untuk meminimalisir hambatan belajar yang dialami siswa. Kata kunci: Learning obstacle, materi pecahan, upaya, purposive sampling
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 03:15 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53047 |
Actions (login required)
View Item |