ANALISIS MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR ( Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka/Studi Literatur )

Anisa Istiqomah, 175060067 (2021) ANALISIS MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR ( Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka/Studi Literatur ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Anisa Istiqomah_175060067.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
BAB III (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB V (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (ANISA ISTIQOMAH_175060067).pdf

Download (318kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur tentang pengaruh penggunaan model blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dibagi menjadi teknik editing, organizing, dan finding. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini adalah komparatif, interpretatif, deduktif, dan induktif. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi untuk mencapai masa depan yang diinginkan melalui semangat belajar yang lebih baik kedepannya. Model blended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pademi covid-19 sekarang ini. Pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran blended learning memiliki langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu pencarian infromasi, menginterprestasi informasi, mengelaborasi informasi, merekontruksi pengetahuan, mengecek kehadiran siswa, memotivasi siswa, membimbing pelajaran, memberi petunjuk kinerja, memberi umpan balik yang informatif, menilai kinerja, meningkatkan ingatan belajar, memberikan beberapa contoh tambahan materi ajar dalam bentuk yang bervariasi, serta menerapkan model blended learning. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran ini sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran ini dapat memadukan antara pembelajaran secara tatap muka dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan menggunakan internet sebagai penunjang proses pembelajaran. Motivasi belajar siswa dapat meningkat karena model pembelajaran blended learning yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Blended learning, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:47
Last Modified: 09 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52976

Actions (login required)

View Item View Item