PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN

YENI PUSPITA, 105060010 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (23kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRACT ENGLISH.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1-5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti pada SDN Suryasari Kab. Cianjur yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa tersebut disebabkan oleh guru belum maksimal menerapkan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru masih mengalami kendala dalam implementasi pendekatan scientific. Selain itu, kerjasama belajar siswa juga masih rendah. disebabkan oleh siswa masih cenderung menunjukan sikap egois dan tidak mau menghargai pendapat teman sekelompoknya, siswa masih kesulitan dalam pembagian tugas saat kegiatan kelompok, dan pada kegiatan diskusi kelompok hanya mengandalkan anggota kelompok aktif. Atas dasar latar belakang tersebutlah peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ) sebanyak 2 siklus dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap orientasi, merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis dana dan menarik kesimpulan. Penilaian dalam penelitian ini menggunakan penilaian autentik dimana siswa dinilai secara komprehensif dari ranah kognitif, afektif/sikap dan keterampilan. Untuk mengetahui sikap kerjasama dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sikap kerjasama belajar siswa yaitu 26% (siklus I) dan 84% (siklus II) dan hasil belajar siswa 52% (siklus I) dan meningkat menjadi 84% (siklus II). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran 3 subtema 1 tema 1 dikelas IV SDN Suryasari Kab. Cianjur. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat diterapkan pada pembelajaran tematik dikelas IV. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Sikap Kerjasama, Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT This research is motivated by the observation of researchers at SDN Suryasari Kab. Cianjur which showed low student learning outcomes are caused by teachers not optimally apply the learning model that requires students actively in learning activities, teachers are still experiencing problems in the implementation of the scientific approach. In addition, students learn cooperation is still low. caused by students still tend to show the attitude of selfish and do not want to respect the opinion of group of their friends, the students are still difficulties in the current division of group activities, and group discussion activities rely only active group members. On the basis of the background is exactly researchers Classroom Action Research (CAR) by 2 cycles by applying a guided inquiry learning model that consists of 5 stages, namely the orientation phase, formulate problems, develop hypotheses, collect data, analyze and draw conclusions funds. Assessment in this study using authentic assessment in which students are assessed in a comprehensive manner of cognitive, affective/ attitude and skills. To find out the attitude of cooperation and learning of stundents’s achievment. Result of study showed an increase in students's learning attitude of cooperation, namely 26 % (first cycle) and 84 % (second cycle) Students’s achievment52 % (first cycle) and increased to 84 % (second cycle). It is proved that the application of guided inquiry learning model can enhance the cooperation Students’s achievment in third’s studies of subthemes 1 of theme 1 in IV Grade of SDN Suryasari Kab. Cianjur. The use of guided inquiry learning model can be applied for thematic learning in fourth’s grade Keywords: Guided Inquiry, Attitude Cooperation, Student Results.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jun 2016 09:30
Last Modified: 28 Jun 2016 09:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item