KAJIAN TENTANG PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Literatur di kelas IV SD Negeri Karyawangi Kecamatan parongpong Kabupaten Bandung Barat pada Sub Tema Perjuangan Para Pahlawan)

DINDA KURNIA NOER IQLIMA, 165060113 (2021) KAJIAN TENTANG PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Literatur di kelas IV SD Negeri Karyawangi Kecamatan parongpong Kabupaten Bandung Barat pada Sub Tema Perjuangan Para Pahlawan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER-converted.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-converted.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB III-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf

Download (235kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya berpikir kritis siswa dikarenakan sistem pembelajaran yang diterapkan belum mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan pembelajaran masih bersifat satu arah, sehingga siswa hanya dapat menguasai materi yang disampaikan oleh guru, dan memudahkan siswa ingat daripada mengerti konsep. Saat proses pembelajaran di kelas, siswa kurang aktif baik dalam diskusi maupun dalam menanggapi pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah- langkah menggunakan metode ilmiah yang baik untuk melatih siswa dengan keterampilan berpikir kritis. (2) ciri-ciri bahwa siswa telah memiliki kemampuan berfikir kritis dengan strategi saintifik. (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis/ metode penelitian berupa Library Research. Penelitian kepustakaan merupakan salah satu jenis penelitian yang menggunakan berbagai bahan untuk mengumpulkan informasi dan data yang intim dilalui berbagai dokumen, buku, catatan, majalah, jurnal, referensi lain dan hasil penelitian sebelumnya terkait untuk mendapatkan jawaban dan landasan teoritis atas pertanyaan yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Langkah-langkah metode ilmiah adalah observasi, mengajukan pertanyaan, mencari informasi, dan mengkomunikasikan hasil diskusi/ dikonfirmasi oleh guru. Ciri-ciri siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis adalah: (1) Dengan bertambahnya jumlah interaksi antar peserta didik, (2) Mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan terbuka, (3) Mahasiswa dapat merefleksikan pertanyaan yang diajukan atau dikemukakan Masalah, (4) Siswa dapat menggunakan kemampuan yang baru mereka peroleh untuk menghadapi situasi lain. Berdasarkan hasil penelitian jurnal-jurnal dapat disimpulkan peningkatan berpikir kritis sudah mencapai 80% karena telah menggunakan pendekatan saintifik. Kata Kunci: Pendekatan saintifik, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Jan 2021 07:03
Last Modified: 22 Jan 2021 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50294

Actions (login required)

View Item View Item