MUHAMAD IKHSAN, 145020011 (2020) MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS (Studi Kasus pada Kelas X Akuntansi 1 & Kelas X Akuntansi 2 di SMK Pahlawan Toha Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis di kelas X Akuntansi 1 sebelum menggunakan media pembelajaran dengan Powerpoint di SMK Pahlawan Toha Bandung. 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis di kelas X Akuntansi 1 sesudah menggunakan media pembelajaran dengan Powerpoint di SMK Pahlawan Toha Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Kuasi Eksperimen dan teknik pengumpulan data dengan cara Control Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian yang seluruhnya berjumlah 72 siswa. Penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda, serta hasil uji coba instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Adapun analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, pengujian gain ternormalisasi, serta uji hipotesis dengan uji-t ini diperoleh berdasarkan hasil posttest diketahui bahwa , yakni 2,0846 > 1,9968 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: 1) Pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest (sebelum menggunakan media pembelajaran dengan Powerpoint) memperoleh hasil sebesar 61,1 dan nilai rata-rata posttest (sesudah menggunakan media Pembelajaran dengan Powerpoint) memperoleh nilai sebesar 72,9. 2) Pada kelas kontrol (yang tidak menggunakan media pembelajaran dengan Powerpoint) memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60 dan nilai rata-rata posttest sebesar 67,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan Powerpoint ini memberikan pengaruh lebih besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada menggunakan papan tulis dan buku pelajaran. Sebagai akhir penelitian ini penulis memberikan saran bagi siswa agar lebih giat dan terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran, bagi guru diharapkan media Pembelajaran dengan Powerpoint dapat digunakan dengan lebih efektif dan kreatif dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran Ekonomi dan Bisnis, bagi sekolah diharapkan lebih meningkatkan sarana dan prasarana agar dapat diterapkan pada mata pelajaran lain, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengebangkan media pembelajaran dengan Powerpoint lebih baik lagi sesuai kebutuhan pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran dengan PowerPoint, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:07 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 03:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50155 |
Actions (login required)
View Item |