PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERFOKUS BAGIAN ORIENTASI – KRISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK 3M DAN MEDIA MEME SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA DARUL HIKAM

ARI ARYANTO, NPM.188090004 (2020) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERFOKUS BAGIAN ORIENTASI – KRISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK 3M DAN MEDIA MEME SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA DARUL HIKAM. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARI ARYANTO_MBI copy.docx

Download (289kB)
[img] Text
2. Cover Tesis.docx

Download (274kB)
[img] Text
8. Abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
10. BAB 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
11. BAB II.docx

Download (325kB)
[img] Text
12. BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
13. BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks anekdot borfokus bagian orientasi-krisis dengan menggunakan teknik 3M dan media meme, serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) tipe embedded. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Darul Hikam Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa lembar observasi dan lembar soal pretest, posttest, dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses penerapan teknik 3M dan media meme memberikan hasil yang lebih baik terhadap kemampuan menulis teks anekdot berfokus bagian orientasi-krisis serta berdampak positif terhadap kemampuan berpikir krisis peserta didik; (2) kemampuan menulis teks anekdot berfokus bagian orientasi-krisis peserta didik yang menggunakan teknik 3M dan media meme mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dengan peningkatan kemampuan rata-rata dari 45,24 menjadi 76,24; (3) kemampuan menulis teks anekdot berfokus bagian orientasi-krisis peserta didik yang menggunakan teknik 3M dan media meme lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan teknik konvensional dengan hasil perbedaan kemampuan rata-rata menulis pada tes akhir, yaitu sebesar 76,24 berbanding dengan 70,16; dan (4) Teknik 3M (mengamati, meniru, dan menambahi) dan media meme memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan hasil signifikansi sebesar 0,043 < 0,050 yang artinya nilai tersebut menunjukkan signifikansi atau adanya dampak yang signifikan, yaitu dari penggunaan teknik 3M (mengamati, meniru, dan menambahi) dan media meme dalam pembelajaran menulis teks teks anekdot berfokus bagian orientasi-krisis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Menulis Teks Anekdot, Teknik 3M, Meme, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:24
Last Modified: 22 Sep 2021 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50150

Actions (login required)

View Item View Item