Sandi Taufik Hidayat, 165040062 (2020) PENGGUNAAN MEDIA AJAR INFOGRAFIS MELALUI GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1_COVER.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (670kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi sel, keterbatasan media ajar serta kurangnya keterlibatan teknologi dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media ajar infografis melalui google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi sel serta respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test design. Data penelitian didapatkan berdasarkan hasil pre test, post test, dan kuesioner. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan antara hasil nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan media ajar infografis melalui google classroom berdasarkan hasil perhitungan nilai n-gain setiap siswa. Dengan rincian nilai n-gain tertinggi sebesar 1,00 dan nilai n-gain terendah sebesar 0,53, serta diperkuat dengan hasil kuesioner respon siswa terhadap penggunaan media ajar infografis melalui google classroom mendapatkan rata-rata respon positif sebesar 98,24% sedangkan ratarata respon negatif sebesar 10,83%. Disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa dapat mengalami peningkatan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media ajar infografis dalam pembelajaran di google classroom tersebut. Implikasi penelitian ini dapat menjadi masukan dalam memperbaiki kualitas mengajar melalui penggunaan media ajar dalam pembelajaran. Kata Kunci: Infografis, Google Classroom, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 03:28 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 03:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50029 |
Actions (login required)
View Item |