PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Makhluk Hidup dalam Subtema Lingkungan dan Manfaatnya SD Negeri Sirnagalih Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung)

Mochamad Irsan Setiadi, 155060102 (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Makhluk Hidup dalam Subtema Lingkungan dan Manfaatnya SD Negeri Sirnagalih Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER SKRIPSI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Sirnagalih. Hal ini disebabkan pendidik masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan pembelajaran tidak berpusat kepada peserta didik ditambah lagi peserta didik belum diberikan kesempatan untuk mengarahkan sendiri cara belajarnya. Serta sikap rasa percaya diri peserta didik yang masih kurang dalam proses pembelajaran, karena pendidik belum membantu meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Oleh karena itu dari permasalaham tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan Think Pair Share (TPS) pada subtema Lingkungan dan Manfaatnya. Metode penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tiga skilus, pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari soal pre test serta post test, dan non tes terdiri dari observasi rencana pelakasanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotor). Hasil penelitian yang dilakukan dengan subjek peserta didik yang berjumlah 20 orang menghasilkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan kognitif peserta didik mencapai 40% lalu pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 70% dan pada siklus III menjadi 85%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami penigkatan, pada siklus I 55,25 pada siklus II 64,75 dan pada siklus III sebesar 70,75. Kemudian pada siklus I ketuntasan afektif peserta didik mencapai 50% pada siklus II mencapai 75% dan pada siklus III sebesar 85%. Selanjutnya pada siklus I ketuntasan psikomotor peserta didik mencapai 20% pada siklus II 60% dan pada siklus III sebesar 90%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan Think Pair Share (TPS) dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik pada Subtema Lingkungan dan Manfaatnya. Sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil dengan nilai akhir menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:33
Last Modified: 12 Nov 2020 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49982

Actions (login required)

View Item View Item