KARINA LISNA WULANDARY, 165060039 (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN MULTILITERASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. FILE COVER.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
2. FILE LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
3. FILE ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
4. FILE ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
5. FILE ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
6. FILE BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
7. FILE BAB II.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
8. FILE BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
9. FILE BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text
10. FILE BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
11. FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Masih rendahnya peringkat literasi siswa SD menurut Most Literate Nations in the World dan Progress in International Reading Literacy menandakan pendidikan Indonesia masih tertinggal. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kajian dalam pembelajaran multiliterasi, kemudian mendeskripsikan kajian dalam pembelajaran berpikir kritis. Selanjutnya bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran multiliterasi berpikir kritis dengan peningkatan prestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach) menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam metode ini peneliti akan menganalisis beberapa artikel atau jurnal yang berkaitan dengan judul skripsi. Sumber data yang digunakan adalah buku, jurnal, dan hasil riset (skripsi, tesis) yang keseluruhannya berkaitan dengan kajian multiliterasi kritis di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi dan trianggulasi, sedangkan analisis data melalui tahapan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Tujuan dari mengajarkan keterampilan berpikir kritis mulai jenjang SD agar siswa mulai terbiasa dengan pola dan konsep dalam berpikir kritis, namun dengan pertimbangan tahap perkembangannya. Untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang selalu dihadapi dalam pembelajaran berpikir kritis yaitu pembelajaran yang tidak menekankan pada upaya pengembangan berpikir kritis. Pembelajaran multiliterasi memberikan efektivitas kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis dan membaca siswa. Untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran multiliterasi memberikan efektivitas kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Siswa yang belajar dengan pembelajaran multiliterasi memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang telah mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif mereka. Guru yang menggunakan model pembelajaran multiliterasi kritis dalam proses pembelajaran akan dapat memberikan respons positif. Kata Kunci: Multiliterasi, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 07:09 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 07:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49862 |
Actions (login required)
View Item |