Analisis Metode Small Group Discussion dengan berbagai Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa

NATASYA RAMADINI, 165040061 (2020) Analisis Metode Small Group Discussion dengan berbagai Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian studi literature ini bertujuan untuk menganalisis metode small group discussion untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. Keterampilan pembelajaran abad-21 pada kemampuan komunikasi dan kolaborasi masih tergolong rendah.dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan guru masih kurang tepat.dan efektif. Porses pembelajaran masih menggunakan teachercenter sehingga siswa hanya mendengarkan dan mencatat saja. Akibatnya kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa masih tergolong rendah, sehingga diterapkanlah menggunakan metode small group discussion pada saat pembelajaran. Penelitian ini yaitu penelitian studi literature. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Editing dengan menggabungkan data dari hasil analisis artikel. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deduktif yaitu dari fakta yang umum dibuat menjadi lebih khusus. Sumber penelitian ini adalah menggunakan sumber sekunder dan sumber primer. Hasil kajian literature pada penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode small group discussion, yaitu interaksi 4-5 orang anggota kelompok siswa untuk menyelesaikan sebuah masalah, sehingga menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi seperti tata bahasa, penyampaian ide, kejelasan pengucapan dan kejelasan penyampaian materi serta meningkatnya kemampuan kolaborasi seperti bertukar pendapat, argument, menghargai pendapat dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil posttest pada penelitian terdahulu dibandingkan hasil pre-test siswa sebelum diberikan tindakan. Kata kunci: Metode Small Group Discussion, Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Kolaborasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2020 10:52
Last Modified: 27 Oct 2020 10:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49810

Actions (login required)

View Item View Item