Visca Siti Mariam, 165060033 (2020) ANALISIS KETERBACAAN WACANA MENGGUNAKAN GRAFIK FRY PADA BUKU TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS VI SEMESTER 2 REVISI 2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (620kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai keterbacaan wacana pada buku tematik kurikulum 2013 revisi 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks wacana pada buku tematik kurikulum 2013 kelas VI semester 2 revisi 2018 dengan menggunakan grafik Fry. Metode yang digunakan dakam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan formula grafik Fry. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan menghitung tingkat keterbacaan dengan grafik Fry. Keterbacaan wacana yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini ialah sebanyak 12 wacana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterbacaan pada wacana buku Tema Kelas VI semester 2 dengan menggunakan grafik Fry tidak ditemukan adanya ketidaksesuaian. Dikatakan wacana tidak sesuai karena memiliki titik pertemuan tidak pada daerah kelas VI. Dari hasil tersebut wacana yang terdapat pada buku tematik kelas VI semester 2 dapat dipahami apabila wacana tersebut sesuai dengan keterbacaan siswa, hal tersebut perlu adanya perhatian dan tindak lanjut yang tepat karena dapat menjadi salah satu faktor siswa kurang memahami bacaan. Penelitian ini diharapkan dapat menarik minat siswa mengenai membaca dan memahami wacana, serta menjadi referensi bagi para pembaca maupun penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan keterbacaan. Kata Kunci: Keterbacaan, Wacana, Grafik Fry, Buku Tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 14:30 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 14:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49618 |
Actions (login required)
View Item |