LINA NINGRUM, 165060012 (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MEMPEROLEH E-LEARNING RUMAH BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP DI SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK (INDONESIA).pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK (INGGRIS).pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK (SUNDA).pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
15. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai perbandingan peningkatan hasil belajar peserta didik yang memperoleh E-Learning Rumah Belajar apakah lebih baik dari pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran melalui WhatsApp di Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan secara baku, tidak memberi kesempatan peserta didik untuk belajar di luar sekolah, serta peserta didik tidak diberikan kebebasan untuk bisa menggali pengetahuan nya sendiri dan mengakibatkan peserta didik merasa jenuh ketika rutinitas itu berlangsung. Maka dari itu proses pembelajaran perlu dilakukan variasi dengan tidak hanya dilakukan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest, Nonequivalent Multiple Group Design. Dalam metode quasi eksperimen ini menggunakan 2 kelas eksperimen untuk dilakukan penelitian, yaitu Eksperimen 1 untuk kelas ELearning Rumah Belajar dan Eksperimen 2 untuk kelas WhatsApp. Hasil penelitian menunjukan pada perolehan uji-t yang dilakukan menggunakan SPSS diperoleh t-hitung 2,412 > t-tabel 2,022 dengan taraf signifikansi (0,021 < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang memperoleh E-Learning Rumah Belajar dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran melalui WhatsApp. Hasil perhitungan N-Gain yang didapat di kelas Eksperimen 1, yaitu 9 peserta didik dengan peningkatan berkategori rendah 42,85%, 10 peserta didik dengan peningkata berkategori sedang 47,62%, dan 2 peserta didik dengan peningkatan berkategori tinggi 9,53%. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 hasil perhitungan N-Gain yang didapat yaitu 16 peserta didik dengan peningkatan berkategori rendah 80%, dan 4 orang peserta didik dengan peningkatan berkategori sedang 20%, tidak terdapat peserta didik yang mendapatkan nilai N-gain pada kategori tinggi. Hasil perolehan rata-rata nilai kelas eksperimen 1 pun lebih tinggi yaitu 71,38 sedangkan kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 62,40. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Learning Rumah Belajar dengan WhatsApp dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, tetapi penggunaan E-Learning Rumah dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari pada menggunakan WhatsApp. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar penggunaan E-Learning Rumah Belajar dan WhatsApp dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: E-Learning Rumah Belajar, Pembelajaran melalui WhatsApp, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 04:18 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 04:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49445 |
Actions (login required)
View Item |