MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF-EFFICACY MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE DAN COOPERATIVE-MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN

Syifa Nurul Fajriyah, NPM. 188060018 (2020) MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF-EFFICACY MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE DAN COOPERATIVE-MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Syifa Nurul Fajriyah_MPM copy.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud menganalisis penerapan pembelajaran model PACE dan C-MID untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta self-efficacy siswa. Menggunakan metode campuran (mixed methods) tipe Embedded Design dengan populasinya seluruh siswa kelas VIII MTs PUI Banjaran Majalengka tahun pelajaran 2019/2020 dan mengambil sampel 3 kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan kemampuan komunikasi matematis dan non tes terdiri dari angket self-efficacy siswa, lembar observasi dan pedoman wawancara. Data hasil tes diolah untuk memperoleh data N-Gain, selanjutnya diuji menggunakan uji normalitas, independent sample t-test, uji Mann Whitney, uji ANOVA satu jalur, dan uji korelasi. Data hasil angket self-efficacy siswa diolah menggunakan skala Likert. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Penerapan pembelajaran model PACE untuk meningkatkan komunikasi matematis serta self-efficacy siswa lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran C-MID dan konvensional ditinjau dari keseluruhan, dan terdapat perbedaan peningkatan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model PACE, C-MID dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta tidak terdapat hubungan signifikan antara kemampuan koneksi matematis, komunikasi matematis dan self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PACE, C-MID dan Konvensional. Kata Kunci : Model PACE, Model C-MID, kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:18
Last Modified: 14 Oct 2020 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49119

Actions (login required)

View Item View Item