ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI (Penelitian Studi Literatur)

Novi Sulistiana, 165060153 (2020) ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI-converted.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SC LEMBAR PENGESAHAN-converted.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indo.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian studi literature (library research) yang berjudul “Analisis Penerapan Model Discovery Learning” Penelitian ini untuk menjawab tiga permasalahan, yaitu Bagaimana konsep model Discovery Learning? Bagaimana Sikap Percaya Diri di kelas III? Dan bagaimana hubungan pembelajaran Discovery Learning terhadap sikap percaya diri peserta didik? Data penelitian ini diperoleh dari beberapa buku,skripsi yang mengungkapkan tentang model pembelajaran Discovery Leraning terhadap sikap percaya diri. Penelitian tersebut di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menunjukan yaitu Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning menekankan pada peserta didik untuk ikut aktif dalam pembelajaran dan mengkonstruksikan pengetahuan mereka dengan pengetahuan yang baru saja mereka temukan. Pada salah satu penelitian yang telah dilakukan, penerapan model Discovery Leaning ini menunjukan keberhasilan dalam meningkatkan sikap percaya diri peserta didik serta hasil belajarnya. Hal ini membuktikan bahwa, rasa percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian seseorang yang ikut berperan dalam mengantarkan seseorang mencapai puncak kesuksesan. Dengan rasa percaya diri, seseorang dapat mengaktualisasikan potensi maupun bakat yang ada dalam dirinya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis).analisis isi digunakan untuk mendapatkan inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Untuk menjaga kekekalan proses pengkajian dan mencegah serta mengatasi mis-informasi maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar pembimbing. Hubungan model Discovery Learning dengan sikap Percaya Diri, dilihat dari pengertian model pembelajaran Discovery Learning yaitu suatu model untuk mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, memecahkan sendiri, maka hasil yang diproleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Dengan belajar penemuan, anak juga bisa belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri masalah yang dihadapi. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:24
Last Modified: 13 Oct 2020 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49104

Actions (login required)

View Item View Item