TAYANGAN KONTROVERSIAL AGNEZ MO “SAYA TIDAK MEMILIKI DARAH INDONESIA” (Analisis Semiotika Pada Pernyataan Agnez Mo Di YouTube)

Dini Rostiana Dewi, 162050191 (2020) TAYANGAN KONTROVERSIAL AGNEZ MO “SAYA TIDAK MEMILIKI DARAH INDONESIA” (Analisis Semiotika Pada Pernyataan Agnez Mo Di YouTube). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna verbal dan non verbal dari Pernyataan Agnez Mo Berkaitan Dengan “Saya Tidak Memiliki Darah Indonesia dalam YouTube Build Series. Sub fokus dari penelitian ini yaitu mengetahui makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos/Ideologi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi pustaka, internet searching dan studi lapangan dengan mewawancarai narasumber. Objek yang dianalisis adalah tiga sequence yang terdapat dalam Pernyataan Agnez Mo Berkaitan Dengan “Saya Tidak Memiliki Darah Indonesia dalam YouTube Build Series. Hasil penelitian tanda denotatif pada Pernyataan Agnez Mo Berkaitan Dengan “Saya Tidak Memiliki Darah Indonesia dalam YouTube Build Series memperlihatkan makna sebenarnya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tanda konotatif yaitu pandangan mahasiswa mengenai Pernyataan Agnez Mo Berkaitan Dengan “Saya Tidak Memiliki Darah Indonesia dalam YouTube Build Series. Mitos/ideologi yang dapat diambil yaitu kaum Tionghoa dianggap sebagai non pribumi yang ada sejak dahulu dijadikan sebagai kaum minoritas di Indonesia. Kesimpulan yang dihasilkan berdasarkan hasil penelitian Pernyataan Agnez Mo Berkaitan Dengan “Saya Tidak Memiliki Darah Indonesia dalam YouTube Build Series memperlihatkan beragamnya masyarakat, kebudayaan, dan agama yang ada di Indonesia dan masih adanya perselisihan mengenai pribumi dan non pribumi di Indonesia. Saran bagi Agnez Mo, sebagai public figure Agnez Mo harus lebih berhati-hati dalam berbicara di media, mengingat luasnya jaringan media sosial yang dapat dilihat oleh semua kalangan dan adanya perbedaan pandangan setiap orang pada suatu hal, dan saran untuk Netizen khususnya masyarakat Indonesia agar tidak mengambil keputusan secara sepihak dalam menyimpulkan suatu pernyataan, sebagai penonton, kita harus mencari kebenaran dari Pernyataan Agnez Mo Berkaitan Dengan “Saya Tidak Memiliki Darah Indonesia dalam YouTube Build Series. Kata Kunci: Makna Verbal - Non Verbal, Media Sosial, Analisis Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Oct 2020 02:18
Last Modified: 10 Oct 2020 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49061

Actions (login required)

View Item View Item