PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas II SDN Parakan Muncang 1 Kota Sumedang)

RIKA PURNAMA SARI, 155060157 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas II SDN Parakan Muncang 1 Kota Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengeahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SIAP.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SIAP.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
BAB III SIAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV SIAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB V SIAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh wali kelas pada saat mengajar. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah media pembelajaran berbasis metode Montessori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas II A sebagai kelas eksperimen dan II B sebagai kelas kontrol di SDN Parakan Muncang 1 Sumedang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar siswa kelas II dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional, setelah diujikan menggunakan kemampuan pengujian hipotesis independent sample t test dengan hasil perolehan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Adapun hasil perhitungan effect size diperoleh sebesar 2,29 sesuai dengan tabel ketentuan effect size bahwa d > 0,8 (efek sangat besar) d = 2,29 yang artinya dari media pembelajaran yang telah digunakan memiliki skala efek yang sangat besar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka terdapat pengaruh dari media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:32
Last Modified: 18 Feb 2020 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47544

Actions (login required)

View Item View Item